Friday, January 8, 2016

Jenis Ikan Arwana Dan Harganya

Jenis Ikan Arwana - Arwana merupakan jenis ikan hias air tawar yang memiliki ciri khas dan daya tarik tersendiri. Bentuk tubuh yang memanjang, runcing menyerupai pisau dengan sisik mengkilat dan terdapat sungut di mulutnya seperti naga menjadikan ikan hias ini banyak dicari oleh para penggemar ikan hias air tawar. Selain itu, ikan arwana juga memiliki mitos bahwa ikan ini dipercaya membawa hoki, keberuntungan dan keselamatan bagi pemiliknya oleh sebagian orang. Oleh karena itu, tentu saja ikan ini daya tariknya bernilai tinggi.

Ikan hias arwana merupakan jenis ikan hias air tawar yang memiliki nama latin scleropages formosus sp. atau biasa disebut sebagai ikan siluk atau ikan naga. Ikan Arwana sebagian berasal dari daerah tropis, khususnya Asia Tenggara, seperti di Indonesia dan Malaysia. Arwana juga memiliki beberapa jenis yang memiliki karakteristik sendiri. Beberapa jenis ikan arwana yaitu Arwana Super Red, Cross Back Golden (CBG), Arwana Golden Red (RTG/Red Tail Golden), Arwana golden pino, Arwana Banjar Red, Arwana Silver dan Arwana Jardini. Setiap jenis memiliki harga yang bervariasi. Harga ikan arwana tergantung dari karakteristik warna, jenis, dan kelangkaan. Untuk lebih jelasnya, mari simak pembahasan mengenai ikan arwana dan harganya yang penulis sajikan berikut.

Jenis Ikan Arwana Dan Harganya

Jenis Ikan Arwana Dan Harga Ikan Arwana

1. Arwana Super Red

Ikan Arwana Super Red merupakan jenis arwana yang paling mahal di antara jenis yang lain. Warna merah yang mencolok di bagian sisik dan bibirnya menjadikan ikan hias yang satu ini banyak diburu oleh penggemar ikan hias. Harga Arwana Super Red berkisar antara jutaan bahkan sampai ratusan juta rupiah. Untuk ukuran 14-18 cm rata-rata harganya sekitar 3 juta hingga belasan juta. Untuk arwana dewasa dengan ukuran 25 cm - 60 cm berkisar belasan sampai ratusan juta rupiah. Arwana Super Red merupakan arwana asli Indonesia yang banyak tersebar dan dibudidayakan di Pulau Kalimantan Barat seperti di Sungai Kapuas dan Danau Sentarum.

Jenis Ikan Arwana Dan Harganya
Arwana Super Red

Jenis Ikan Arwana Dan Harganya
Arwana Super Red

Jenis Ikan Arwana Dan Harganya
Arwana Super Red
Arwana Super Red juga memiliki variasi pada jenis warnanya, seperti arwana blood red, chili red, ultra red, papaya red, red klasik. Semua variasi warna merah dari arwana super red tersebut memiliki harga yang hampir sama rata.

2. Arwana Cross Back Golden

Ikan arwana jenis Cross Back atau Cross Back Golden ini merupakan varietas dari arwana golden. Arwana jenis ini banyak tersebar di Negara Malaysia, seperti di Perak, Trengganu, Danau Bukit Merah, dan Johor. Jenis arwana ini memiliki ciri khas warna dasar yaitu warna dasar ungu, warna dasar biru, warna dasar emas, dan warna dasar perak.Selain itu, yang menjadi daya tarik lain dari ikan jenis ini yaitu warna dasar ikan ini sampai pada sisik punggung sehingga warna dasar sisiknya terlihat merata.

Jenis Ikan Arwana Dan Harganya
Arwana Cross Back

Jenis Ikan Arwana Dan Harganya
Arwana Cross Back

Jenis Ikan Arwana Dan Harganya
Arwana Cross Back
Harga Arwana Cross Back juga tergolong tinggi dan hampir sama dengan jenis Arwana Super Red. Harga berkisar jutaan hingga puluhan juta bahkan juga ada yang hingga ratusan juta rupiah. Peminat dari ikan arwana jenis ini juga cukup banyak.

3. Arwana Golden Red

Red Tail Golden atau biasa disebut sebagai Arwana Golden Red juga merupakan jenis arwana yang populer di kalangan para pecinta ikan hias. Ciri utama dari jenis ikan ini hampir sama dengan Arwana Cross Back hanya yang membedakan bahwa warna sisik tidak mencapai punggung ikan. Sirip dan ekor berwarna kuning atau merah sedangkan sirip punggungnya tidak berwarna. Arwana Golden Red tersebar di Pulau Sumatera.

Jenis Ikan Arwana Dan Harganya
Arwana Golden Red

Jenis Ikan Arwana Dan Harganya
Arwana Golden Red

Jenis Ikan Arwana Dan Harganya
Arwana Golden Red

Tidak berbeda jauh dengan CBG, warna dasar dari arwana jenis ini juga memiliki warna dasar biru, emas, ungu dan perak. Perbedaan lain yaitu Arwana Golden Red bisa tumbuh lebih besar dari CBG dan populasinya lebih banyak. Namun, jenis ikan arwana ini tetap dilindungi sebagai hewan langka. Harga dari ikan jenis Arwana Golden Red juga cukup tinggi walaupun di bawah CBG dan Super Red. Harga Arwana Golden Red berkisar antara jutaan hingga puluhan juta rupiah.

4. Arwana Golden Pino

Golden pino atau biasa disebut sebagai arwana hijau merupakan jenis ikan arwana yang banyak tersebar di berbagai negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Kamboja, Myanmar, Thailand dan Indonesia. Arwana hijau atau golden pino ini kurang menarik jika dibandingak dengan arwana super red, CBG, dn golden red. Sebab, warna dasar dari arwana ini berwarna hijau dan sirip serta ekornya berwarna gelam kecoklatan sehingga dirasa kurang memiliki daya tarik.

Jenis Ikan Arwana Dan Harganya
Arwana Golden Pino
Harga arwana jenis ii juyga tergolong lebih murah jika dibandingkan dengan super red, golden red dan Cross Back Golden. Harga arwana golden pino berkisar antara puluhan ribu hingga ratusan ribu saja. 

5. Arwana Banjar Red

Sesuai dengan namanya. arwana banjar berasal dari Banjarmasin Kalimantan. Jenis ikan ini ketika masih kecil memiliki ciri khas yang hampir sama dengan arwana golden dan super red, hanya saja ketika berukuran 20 cm ke atas sudah terlihat perbedaannya. Ciri khas dari Arwana Banjar Red yaitu terletak pada warna ekor dan siripnya saja yang berwarna orange kemerahan.

Jenis Ikan Arwana Dan Harganya
Arwana Banjar ed

Jenis Ikan Arwana Dan Harganya
Arwana Banjar Red
Harga ikan arwana banjar red juga termasuk tidak terlalu mahal, hanya berkisar ratusan ribu saja per ekornya. Ikan arwana jenis ini juga kurang diminati oleh sebagian kalangan pecinta arwana. Tetapi, bagi pecinta arwana pemula, bisa memulai memelihara ikan arwana banjar red sebagai modal awal untuk belajar merawat dan memelihara ikan arwana.

5. Ikan Arwana Silver

Arwana Silver sedikit berbeda dengan jenis arwana yang lain. Perbedaan terletak pada bentuk sirip belakang yang memanjang hingga ekor dan bentuk ekornya lebih kecil. Warna tubuhnya berwarna perak atau silver. Persamaannya terletak pada bentuk tubuh yang sama-sama memiliki bentuk yang memanjang dan meruncing seperti pisau. Ikan arwana silver ini berasal dari Negara Brazil.

Jenis Ikan Arwana Dan Harganya
Arwana Silver

Jenis Ikan Arwana Dan Harganya
Arwana Silver

Jenis Ikan Arwana Dan Harganya
Arwana Silver
Ikan arwana jenis ini merupakan jenis arwana yang kurang diminati tetapi jenis ikan arwana ini paling mudah didapat dan mudah dipelihara oleh sebagian besar para pemula pecinta arwana. Harga ikan Arwana Brazil berkisar Rp 50.000 - Rp Rp 700.000 saja. Ikan ini juga bisa tumbuh hingga 60 cm seperti jenis arwana yang lain.

6. Arwana Jardini

Ikan arwana tidak hanya berasal atau tersebar di Sumatera atau Kalimantan saja. Seperti jenis Arwana Jardini yang berasal dari Papua. Oleh karena itu, jenis arwana jardini juga biasa disebut sebagai arwana Irian. Bentuk tubuh juga agak sedikit berbeda dengan jenis arwana di Asia. Sisik tubuhnya lebih banyak, yaitu sekitar 7-8 baris dan ukuran sisiknya lebih banyak dan lebih kecil. Jenis Arwana Jardini termasuk jenis arwana yang sangat agresif.

Jenis Ikan Arwana Dan Harganya
Arwana Jardini

Jenis Ikan Arwana Dan Harganya
Arwana Jardini

Jenis Ikan Arwana Dan Harganya
Arwana Jardini
Ikan arwana jenis ini juga tersebar di daerah Benua Australia bagian Utara. Harga ikan Arwana Jardini juga tergolong terjangkau. Hanya berkisar ratusan ribu rupiah saja. Ikan arwana jardini dapat tumbuh hingga 60 cm, sama seperti ikan arwana jenis lain. Jenis Arwana Jardini juga bisa dipelihara bagi para pemula yang ingin memelihara ikan arwana.

Demikianlah beberapa Jenis Ikan Arwana Dan Harganya yang penulis informasikan melalui artikel ini. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memilih ikan arwana mana yang cocok untuk dipelihara dan sesuai dengan budget yang tersedia. Terimakasih.

Artikel Terkait

Jenis Ikan Arwana Dan Harganya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 komentar:

December 21, 2016 at 9:50 PM delete

Samgat lengkap penjelasan dan jenis ikan arwana nya gan..




by Aquarium Hobys

Reply
avatar